500 Anggota Taliban Berhasil Melarikan Diri dari Penjara Kandahar


KABUL -  Hampir 500 tahanan Taliban berhasil melarikan diri dari penjara Kandahar di Afghanistan selatan melalui terowongan sepanjang ratusan meter, kata para pejabat hari Senin.

Taliban mengatakan terowongan itu berada di belakang penjara besar Kandahar dan bahwa semua tahanan yang melarikan diri tersebut adalah anggota mereka.



"Sebuah terowongan ratusan meter digali dari selatan penjara ke penjara dan 476 tahanan politik melarikan diri tadi malam," kata Direktur penjara Jenderal Ghulam Dastageer Mayar, seperti dilaporkan situs Gulf News.

Juru bicara Taliban Qari Yousuf Ahmadi mengatakan Taliban bertanggung jawab atas kejadian ini. "Semalam beberapa tahanan politik berhasil keluar dari penjara dan melarikan diri."

Ahmadi menambahkan, "Narapidana menggali terowongan sepanjang 360 meter ke arah selatan penjara.

"Mereka mulai keluar dari penjara pada pukul 11 malam (22.30 waktu UEA) dan pagi dini hari, 541 tahanan melarikan diri," katanya. "Mereka semua melarikan diri dengan aman dan tanpa pertempuran senjata."

Ahmadi mengatakan bahwa 106 tahanan adalah komandan Taliban, sedang sisanya prajurit.

Kasus pembobolan penjara besar ini adalah yang kedua kalinya dalam tiga tahun terakhir di Kandahar. Pada tahun 2008, sekitar 1000 tahanan termasuk gerilyawan Taliban melarikan diri setelah Taliban menggunakan bom trak untuk membuka gerbang penjara.

Kandahar dipandang sebagai tempat kelahiran gerakan Taliban dan kota sekitarnya dalah tempat yang menjadi saksi pertempuran terburuk di Afghanistan.

 muslimdaily.net

p/s : Memenangilah sebuah biji kereta Honda City dengan peraduan senang dan menang..

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...